Senin, 09 November 2009

fireflies

Kunang-kunang dilengkapi dengan sistem yang menakjubkan. Serangga ini memiliki organ dalam tubuhnya yang memancarkan cahaya berpendar.Cahaya ini sangat penting bagi kelestarian jenisnya, sebab kunang-kunang betina dan jantan mengenali jenis kelamin masing-masing berdasarkan cahaya mereka.

Organ berpendar pada kunang-kunang terdiri atas tiga lapisan, persis seperti lampu depan mobil. Sel-sel yang menghasilkan cahaya berada pada lapisan paling bawah. Sel-sel ini bertugas menghasilkan zat yang mudah terbakar. Zat ini bereaksi dengan oksigen di bawah kendali sebuah enzim. Akibat reaksi kimia ini, cahaya berpendar yang proses pembuatannya mirip seperti pada pabrik ini, pertama-tama diteruskan ke lapisan cekung terdekat, dan kemudian ke lapisan transparan bagian atas di mana cahaya ini dipantulkan.

Kualitas sempurna dan tingkat produktifitas 98% dari cahaya berpendar ini mengejutkan para ilmuwan yang meneliti kunang-kunang. Bola lampu yang digunakan manusia untuk penerangan hanya mampu mengubah 5% dari energi yang diterimanya menjadi cahaya, sedangkan 95% sisanya terbuang dalam bentuk panas. Karena 95% panas yang dihasilkan inilah kita tidak tahan menyentuh bola lampu yang sedang menyala. Meskipun kunang-kunang menghasilkan cahaya hampir 20 kali lebih besar dari bola lampu, suhu kunang-kunang tidak naik karena sifat dingin cahaya mereka. Manusia hanya mampu membuat cahaya dingin di laboratorium setelah melakukan serangkaian reaksi kimia.
kunang kunang bianatang yang sangat menakjubkan.. salah satu makhluk Tuhan yang ku kagumi.. cara pandang setiap orang tentang segala sesuatu sering berbeda namun cukup menjelaskan bahwa manusia adalah makhluk yang berfikir.
Aku penasaran bagaimana cara mereka bertasbih.. bagaimana mereka makan,.. apa yang ada dalam pikirannya.. atau.. oops.. saku lupa sepertinya makhluk Allah yang dikaruniai pikiran hanyalah manusia..
lama aku tidak melihat kunang kunang.. aku merindukan mereka.. saat di desa aku hampir bisa menemukan mereka dengan mudah jika malam tiba.. meski satu satu dan tidak sebanyak yang ku harapkan tapi cukup setidaknya untuk mengobati rindu..
hmmm.. jadi ingat kisahku..
pernahkah kamu merindukan seseorang? yang kemungkinan sangat kecil untuk bertemu dengannya kecuali dalam mimpi? yang kamu cintai dan kamu sayangi..
memang sesuatu tidak akan terasa berharga sampai kau kehilangannya.. aku baru merasakan hal ini.. seandainya waktu bisa di putar ulang.. ha ha.. aku baru saja ngomong sesuatu yang imposible dan tidak mungkin...
kembali pada rinduku tentang kunang kunang.. mungkin saja aku masih bisa menemukannya jika aku mau berusaha pergi malam2 di sawah.. hunting flyfire!!
tapi rinduku pada seseorang.. no comment.. i can't telling you more.. Im scared if my tears drop.. and i think it will be useless..

3 komentar:

  1. Hayo lg rindu ma sapa Wik?? Tinggal telpon aja pasti dia mau datang. Memang bener sih sesuatu bisa berharga jika tidak disamping kita lagi.

    BalasHapus
  2. kadang eho mengalahkan hati meski ingin.. ga bakalan deh kayake bsa nymbung ky dulu.. ^_^ hiks..

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus