Minggu, 06 November 2011

Idhul Adha Banyak Anak Kecil Nangiiis....

Hari ini, di perumahan tempat tinggalku tercinta.. dengan sukses telah dilaksanakan acara shalat idul adha , dimulai pukul 06.30... yeaa,,... dibandingkan dengan jadwal yang telah ku lihat di situs bahwa shalat ied dilaksanakan pada pukul 06.00, memang tempatku terhitung cukup telat.. tapi, pada praktiknya tadi malah dimulai sekitar pukul 06.45.

Suasana adheem, seluruh dedaunan segar terbasahi embun sisa hujan tadi malam, tanah hitam berhiaskan beberapa genangan air, menambah aroma sejuk pagi ini.. Pagi yang Indah. Aku suka sekali bau tanah basah.

Perjalanan menuju masjid ternyata tidak semulus yang kubayangkan, karna terburu-buru, yakk, aku lupa wudhu dengan sukses, padahal udah dandan cantik, nyampe depan masjid...fyiuuh...lokasi tempat wudhu yang buat akhwat tertutup oleh jamaah laki-laki yang saking banyaknya sampai sayap-sayap masjid semuanya penuh. Perlu waktu untuk berfikir sekitar 2 detik, untuk kemudian aku memutuskan berlari pulang lagi untuk wudhu, yuhuuu, lari pagi memang sangat menyenangkan... di pukul 06.35. Alhamdulillah jarak rumah-masjid cuma sekitar 200 kangkah :). Tapi lumayan bikin hosh hosh hosh.. Keluar dari pintu rumah ku lihat ayuk (tetanggaku yang masih SMA) lagi jalan sama ayahnya.. "Mbaaaak waiit meee"

Siip. Ada temen. "Aku baru bangun tidur e mbak... he hee" ia tersenyum lebar dengan bangganya. "Whoot". hehe, "aku tadi sebenernya udah nyampe masjid dek, gara2 lupa belum wudhu, marathon deh..." tersenyum gak kalah lebar.
"Oooo O_o air pam mati mbak" katanya tanpa ekspresi.
eh..apa hubungannya? Otakku yang lemot 3 detik kemudian baru berseru... "Alhamdulillah yaaah....ternyata ada gunanya aku lari sprint ke rumah, coba kalo dah mbiak-mbiak jamaah co demi wudhu ternyata krannya mati.. aaarrrgghh...

Nyampe masjid, tinggal tersisa tempat yang di halaman, yaitu lapangan basketnya.. Yup. Ibuk sudah menyediakan tempat duduk untukku. Lalu berbisik "Wik tadi di bawah tempat sholatmu ada tai ayamnya dikiit..." "Wuaaaaaaa???!, mangkeh kalo masih basah kan najis buuk" aku panik. Sejurus kemudian ku intip... yaayyyyyk.. "Udah tak lapisin koran koook, gak papa" ibuk berkata dengan tenangnya. Memang sih tinggal keliatan diameter 4 cm tanpa ampas di bawah koran, jika ku refleksikan, yaaah, nge passs kena hidung... hiks hiks... Ya Alloh, smoga sholatku tetap sah.

Acara di mulai dengan pengumuman jumlah hewan kurbannya, yaitu 13 ekor sapi dan 20 ekor kambing. ehhm, jumlah yang cukup alhamdulillah, ternyata kesadaran untuk berkurban masih tinggi...lalu dibagikan ke sekitar 20an tempat yang membtuhkan, seperti ponpes, masjid, sekolahan, dkk wilayah DIY. Sampai di sini, acara masih berlangsung tenang, hingga pada saatnya imam mengucapkan takbiratul ikram, suara seorang anak kecil entah umur berapa tahun, yang jelas BALITA itu pasti, menjerit sekuat tenaga.....bisa di tebak kemudian... suara beberapa bayi dan anak kecil yang belum nalar itu pun bersahut sahutan... mungkin sekitar 5 orang anak yang menangis bersamaan.. wuaaaaaaa....makin susah saja mengkhusyukkan diri, #apa para bayi punya telepati sehingga mereka bisa kangsenan nangis bareng ya... Dah gitu suara mix imamnya putus nyambung putus nyambung... lalu dengan ajaib selalu lancar ketika membaca surat alfatihah dan surat berikutnya, #eh tadi surat apa ya. Yang pertama kayake mutafifin, lalu yg kedua al ghasiyah. Yes! aku berhasil mengingatnya.


Dan sekitar 15 menit shalat ied pun dihiasi dengan paduan suara para bayi yang menangis. #dalam hati sempat berharap, kok ya gak capek capek itu mereka pada nangis.... hu hu, ikut nangis juga dlm hati seakan pengen segera nggendong tu anak... Kalo aku jadi ibunya paling tak diemin aja lah anakku dari pada mengganggu kekhusyukan jamaah lainnya... Hukumnya gimana ya #hatiku bertanya lebih utama melanjutkan shalat ied, atau mendiamkan anak biar gak ganggu jamaah lain?

2 komentar: